TRIO PERSIB DI BALIK KEMENANGAN TIMNAS ATAS KUWAIT

Tiga gelandang PERSIB, Marc Klok, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya kembali mendapat kepercayaan untuk memperkuat Timnas Indonesia pada putaran final Piala Asia 2023 menghadapi Kuwait di Stadion Jaber Al Ahmad Internasional, Rabu 8 Juni 2022.

Sebelumnya, tiga pemain tersebut juga menjadi andalan pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam beberapa waktu lalu. Di gelaran itu, Skuad Garuda meraih medali perunggu setelah menang 4-3 pada babak adu penalti di Stadion My Dinh, Minggu 23 Mei 2022 lalu.

Di babak kualifikasi Grup A Piala Asia 2023, Klok, Rian — sapaan akrab Rachmat Irianto — dan Ricky masih menjadi andalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu menurunkan ketiganya sejak menit pertama.

Berbeda dengan laga-laga sebelumnya, kali ini Rian diplot sebagai bek kanan. Sedangkan Ricky dan Klok bahu-membahu menjadi penghubung antara lini belakang dan lini depan. Meski begitu, Rian tampil disiplin menjaga posisinya sehingga tak mudah untuk bisa ditembus pemain Kuwait.

Klok menciptakan peluang untuk Indonesia melalui sepakan kerasnya di menit 17. Tembakan itu dilepaskannya dari luar kotak penalti, tapi sayang bola membentur badan salah satu pemain Kuwait hingga berbelok arah. Itu menjadi peluang pertama yang dibuat Timnas Indonesia.

Sama halnya dengan Klok, Ricky juga mampu memberikan ancaman bagi Kuwait melalui sepakan keras dari luar kotak penalti di menit 31, tapi tembakan itu juga bisa diblol dengan baik oleh pemain Kuwait. Peluang yang dibuat oleh Ricky membuat Indonesia keluar dari tekanan.

Di menit 42, Rian yang berada di dalam kotak penalti dilanggar kiper Kuwait, Kankone dan menjadi tendangan penalti untuk Timnas Indonesia. Klok yang ditunjuk untuk mengambil penalti, mampu mencetak gol di menit 45 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di babak kedua, giliran Rian yang beraksi. Ia menyerbu pertahanan Kuwait bersama Witan Sulaiman yang baru masuk. Witan mampu melepaskan tembakan tapi bola bisa diblok dan menjadi liar di dalam kotak penalti. Bola liar disambar oleh Rian dengan sepakannya membuat Indonesia balik unggul 2-1.

Di menit-menit akhir pertandingan, Ricky mendapat peluang melalui serangan cepat. Ia berlari membawa bola masuk ke dalam kotak penalti Kuwait tapi usahanya tak cukup menambah keunggulan Timnas Indonesia. Hingga laga berakhir skor 2-1 untuk keunggulan Skuad Garuda tak berubah.

(Bobotohid/Persib.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.